Tips Memilih Pompa Air Yang Bagus

Author: | Posted in Umum No comments

Tips memilih pompa air yang bagus – Memiliki pompa air di rumah membuat banyak pekerjaan kita menjadi lebih mudah. Terutama pekerjaan yang berhubungan langsung dengan air seperti menyiram tanaman, mencuci, dan lain sebagainya. Sehingga saat ini pompa air sudah menjadi salah satu kebutuhan utama dalam rumah tangga.

Tips Memilih Pompa Air

5 Tips Memilih Pompa Air

  1. Kedalaman Air

Ketika membeli pompa air, banyak orang yang sering keliru mengenai kedalaman permukaan air. Seringkali informasi yang mereka pahami adalah tingkat kedalaman sumur, bukan kedalaman air. Padahal mungkin saja jika pipa dimasukkan hingga 30 meter meskipun permukaan airnya hanya berkedalaman 3 meter saja.

Maka untuk memastikan kedalaman air, anda bisa memanfaatkan alat seperti pipa pompa air atau menggunakan paku yang diikat dengan benang. Kemudian anda perlu memprediksikan naik turunnya permukaan air pada saat musim penghujan atau kemarau.

  1. Spesifikasi

Cermati spesifikasi pompa air yang hendak dibeli dengan seksama. Dengan mencermatinya, anda bisa mengerti pompa air yang seperti apa yang cocok dengan kedalaman permukaan air di rumah anda.

Spesifikasi yang di maksud disini adalah menyoroti daya hisap pompa. Maksudnya, seringkali terdapat pompa yang daya hisapnya maksimal namun air yang diperoleh hanya 1 liter dalam waktu satu jam. Tentu saja hal tersebut sangat tidak efisien.

  1. Jenis Pompa Air

Kenali berbagai jenis pompa air yang sesuai dengan kedalaman permukaan air rumah anda. Seperti, pilih pompa sumur dangkal untuk kedalaman air kurang dari 7 meter. Kemudian, pilih tipe semi jet pump jika kedalaman sumur anda 7-9 meter.Kemudian anda bisa memilih tipe jenis Jet pump jika kedalaman permukaan air rumah anda lebih dari 20 meter.

  1. Pemutus Arus

Setelah mempertimbangkan hal-hal di atas, sebaiknya anda juga memperhatikan bagian pemutus arus pompa. Sebaiknya anda memilih pompa yang motornya memiliki circuit breaker maupun thermal protector sehingga dapat memutus arus listrik secara otomatis.

Hal ini dapat memudahkan anda jika anda lupa mematikan pompa listrik. Selain itu, hal tersebut juga membuat pompa berhenti jika terlalu panas sehingga tidak terbakar.

  1. Voltase dan daya listrik

Pilihlah pompa air yang cocok dengan voltase yang dimiliki rumah anda. Kemudian anda juga perlu memperhatikan daya listrik yang dibutuhkan oleh pompa sehingga tidak menyebabkan listrik down dan membantu hemat konsumsi listrik.

Pompa tipe sumur dangkal pada umumnya memiliki daya listrik 125-200 watt, sedangkan semi jet pump memiliki daya listrik 100-250 watt. Namun perlu anda catat bahwa lebih besar daya listrik bukan berarti bisa menghisap lebih dalam. Melainkan berhubungan dengan besar kecilnya kapasitas atau volume debit air yang dikeluarkan pompa perjam.

Dengan memiliki pompa air, tentu saja anda bisa mempertimbangkan untuk memiliki genset. Agar ketika anda sedang menghidupkan pompa air, tidak akan mengganggu listrik rumah anda. Jika anda tertarik sebaiknya anda bisa mencari tempat jual genset yanmar yang murah dan lengkap.

Dengan berbagai variasi ukuran genset, mungkin anda bisa membeli genset yanmar 10 kva. Anda bisa coba cari tempat jual genset yanmar 10 kva di surabaya.