Resiko Memiliki Asuransi Pendidikan

Author: | Posted in Asuransi No comments

Sebelum membahas tentang resiko memiliki asuransi pendidikan anak, alangkah baiknya jika kita mempertegas istilah asuransi pendidikan. Selama ini sering terjadi kesalahpahaman khususnya pada orang tua tentang istilah asuransi pendidikan. Banyak orang tua memahami bahwa asuransi pendidikan itu merupakan menabung untuk rencana pendidikan.

resiko memiliki asuransi pendidikan

Padahal antara tabungan dan asuransi pendidikan terbaik untuk anak memiliki mekanisme pembiayaan yang sangat jauh berbeda. Banyak agen perusahaan asuransi yang menawarkan bahwa produk mereka sebagai salah satu alternatif solusi untuk rencana biaya pendidikan untuk anaknya kelak. Produk asuransi sebenarnya masuk ke dalam jenis asuransi plus investasi atau di dalam dunia asuransi di sebut dengan unit link.

Asuransi Pendidikan Berbeda dengan Tabungan Pendidikan

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan asuransi pendidikan untuk anak, tetapi perlu Anda ketahui lebih lanjut tentang bagaimana prosedur dan tingkat keberhasilan asuransi pendidikan yang ditawarkan dalam menjamin kelangsungan pendidikan anak.

Berikut ini ada beberapa resiko asuransi pendidikan yang kebanyakan tidak disampaikan ketika menjelaskan detail tentang produk asuransinya.

  1. Potongan Biaya yang Mahal

Jangan heran apabila kamu mengikuti asuransi pendidikan sebelum 5 tahun malah mengalami nilai investasi yang merosot secara drastis. Dikarenakan dalam asuransi tersebut terdapat potongan harga yang sangat lumayan besar dan biasanya potongan- potongan tersebut tidak dijelaskan pada saat Anda diberikan proposal pengajuan.

Sebagai langkah antisipasi, Anda harus cerdas menjadi calon nasabah dan harus menanyakan besarnya potongan atau komisi yang dikenakan.

  1. Masa Pembayaran yang Molor

Kebanyakan agen penjualan selalu memberikan optimism kepada calon nasabah bahwa mereka memiliki masa pembayaran premi asuransi tersebut sangat singkat dan apabila masa pembayarannya sudah selesai maka Anda tidak perlu membayar lagi.

  1. Instrumen Investasinya tidak Jelas

Hal ini merupakan salah satu poin yang harus digaris bawahi adalah instrument investasi seperti apakah yang Anda inginkan? Jangan sampai Anda tergiur dengan high return. Jika Anda menanyakan kepada agen asuransi pendidikan untuk anak, mereka pasti memilih yang instrumennya dengan return yang tinggi, misalnya saham.

  1. Tidak Ada Penjelasan Lengkap tentang Presentasi Keberhasilan dari Sebuah Proyeksi Nilai Uang yang Diterima

Pada dasarnya orang mengikuti asuransi pendidikan yaitu untuk anaknya yang masih di bangku sekolah. Sebenarnya mereka juga berharap agar punya tabungan, tetapi dalam hal ini Anda harus memperhitungkan proyeksinya secara matang. Sehingga dapat meminimalisir resiko memiliki asuransi pendidikan.

Artikel ini pernah dimuat oleh situs Mazariegos